Kebijakan Privasi Mobile Banking

Kebijakan Privasi dan Pengamanan (Online Privacy and Security)
Berikut ini adalah kebijakan dilakukan PT. BPR Eka Bumi Artha (Bank Eka) sebagai komitmen Bank Eka dalam menjaga dan memelihara privasi dan keamanan nasabah bank pada saat menggunakan Mobile Banking Bank Eka.

1. Kebijakan Privasi
Bank Eka tidak menjual, menukar atau memperlihatkan segala informasi yang berkaitan dengan layanan Mobile Banking Bank Eka kepada pihak manapun yang tidak berkepentingan.

Semua transaksi perbankan nasabah dan informasi rekening lainnya disimpan secara rahasia sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia serta kebijakan internal Bank Eka.

2. Pengamanan

2.1. Sistem Pengaman

Untuk memastikan keamanan sistem Aplikasi Mobile Banking Bank Eka ini, maka aplikasi ini dilengkapi dengan fungsi pengamanan sebagai berikut :

  • Password aplikasi terdiri dari 6 (enam) digit numerik yang berfungsi untuk mengakses aplikasi yang terdapat di ponsel nasabah setiap kali akan menggunakan aplikasi. Penggantian password aplikasi ini diharuskan secara sistem (forced by system) pada saat pertama kali nasabah menggunakan aplikasi.
  • PIN transaksi yang terdiri dari 6 (enam) digit numerik yang berfungsi untuk otorisasi transaksi yang menggunakan metode PIN Challenge.
  • Enkripsi ke Gateway, menggunakan metode 3DES. 3DES adalah salah satu sistem enkripsi berlapis tiga dari sistem Data Encryption Standard (DES).
  • PIN Challenge, merupakan bagian dari PIN Mobile Banking Bank Eka yang diminta secara acak ketika akan melakukan transaksi financial.

Agar aplikasi Mobile Banking Bank Eka dapat berfungsi secara maksimal, syarat minimum sistem operasi yang harus dipenuhi yaitu :

  • Android versi 6.0 (Marshmallow)
  • IOS versi 8.0

2.2. Proteksi Komunikasi

  • Pastikan bahwa Anda telah mengunduh (download) Aplikasi Mobile Banking Bank Eka hanya melalui sumber resmi di Play Store (untuk gadget berbasis Android) dan App Store (untuk gadget berbasis IOS) dan bukan dari unknown source yang didapatkan dari sumber yang tidak terpercaya.
  • Pastikan bahwa Anda telah logout dari Aplikasi Mobile Banking Bank Eka pada saat meninggalkan HP Anda atau ketika tidak menggunakannya.
  • Aplikasi Mobile Banking Bank Eka tidak dapat diakses tanpa SIM Card/Nomor ponsel yang telah didaftarkan pada mobile banking.
  • Koneksi ke server mobile banking diproteksi dengan menggunakan firewall untuk mencegah data nasabah pengguna mobile banking menjadi bocor.

2.3. Proteksi Akses Aplikasi Mobile Banking Bank Eka
Aplikasi Mobile Banking Bank Eka mewajibkan penggunanya untuk memasukkan password aplikasi yang telah dibuat ketika pertama kali menggunakan Aplikasi Mobile Banking Bank Eka.

Untuk memastikan proteksi pengguna dalam melakukan akses ke Aplikasi Mobile Banking Bank Eka, mohon untuk melakukan hal – hal sebagai berikut :

  • Menjaga kerahasiaan password login ke Aplikasi Mobile Banking Bank Eka, jangan beritahukan kepada orang lain, dan jangan menyimpan password aplikasi di tempat yang mudah dibaca orang lain.
  • Jangan memberitahukan PIN atau sebagian PIN Mobile Banking anda kepada siapapun, termasuk orang terdekat anda. Petugas Bank tidak pernah meminta dan menanyakan PIN Mobile Banking kepada penggunanya.
  • Gantilah password aplikasi dan PIN Mobile Banking Anda secara berkala, jangan menggunakan password atau PIN yang mudah diterka, seperti :
    a. Angka kembar/berulang (111111, 222222, 112233, 101010, dsb.)
    b. Angka yang berurutan (123456, 987654, dsb.)
    c. Tanggal lahir anda
    d. Nomor plat kendaraan anda, dll.
  • Buatlah password atau PIN Mobile Banking anda berbeda dengan PIN yang anda gunakan pada aplikasi atau situs lain.
  • Bedakan antara password aplikasi dengan PIN Mobile Banking Anda.

Hubungi Kami
Terima Kasih atas kunjungan anda pada website Bank Eka. Kami sangat menghargai komentar atau saran anda agar dapat memberikan pelayanan yang lebih baik.

Kantor Pusat Bank Eka
Jl. Ahmad Yani No. 70
Kota Metro, Lampung
Telp : 0725 – 41246
Fax : 0725 – 42957